Fakta Tentang Rencong yang Harus Kita Ketahui

Wah-wah ternyata rencong punya kekuatan gaib, apa bena ya?

fakta tentang rencong Aceh


Menurut catatan sejarah, rencong mulai digunakan pada masa  Sultan Ali Mughayatsyah memerintah Kerajaan Aceh Darussalam pada tahun 1514-1528 M.

Bentuk rencong yang sedemikian rupa bukan karya asal-asalan, tapi memiliki nilai filosofi tersendiri. Misalnya, gagangnya yang melekuk dan tebal pada bagian sikunya merupakan huruf Arab Ba.

Sedangkan, bujur gagang tempat genggaman berbentuk huruf Arab Sin. Bentuk-bentuk lancip yang menurun ke bawah pada pangkal besi dekat gagangnya merupakan aksara Arab Mim.

Lajur-lajur besi dari pangkal gagang hingga dekat ujungnya merupakan aksara Arab Lam dan ujung yang runcing sebelah atas mendatar dan bahagian bawah yang sedikit melekuk ke atas merupakan huruf Arab Ha.

Dengan demikian rangkaian dari aksara BA,MIM, LAM dan HA itu mewujudkan kalimah “BISMILLAH”.

Rencong Aceh

Dalam pengelompokannya,rencong tidak termasuk jenis pedang ataupun keris, tapi rencong termasuk dalam golongan belati, ukurannya bermacam ragam dari 10-50 cm.

Selain itu, rencong juga mempunyai berbagai tingkatan. Konon, rencong yang ada di tangan para raja tentu berbeda tingkatannya dengan yang ada pada prajurit biasa, berikut akan kami sebutkan satu persatu apa saja tingkatan rencong tersebut.

Rencong Meucugek.
Disebut begitu, karena pada gagang rencong terdapat perekat dan panahan yang dalam istilah Aceh disebut, cugek atau meucugek. Gunanya, agar rencong mudah dipegang dan tidak mudah lepas saat dalam pertarungan.

Rencong Meupucok
Rencong ini memiliki pucuk di atas gagangnya yang terbuat dari ukiran logam yang pada umumnya dari emas.

Gagang dari rencong meupucok ini kelihatan agak kecil, yaitu pada pegangan bagian bawah.

fakta tentang rencong Aceh yang harus diketahui

Namun, semakin ke ujung gagang ini semakin membesar. Jenis rencong semacam ini digunakan untuk hiasan atau sebagai alat perhiasan.

Rencong Pudoi
Rencong jenis ini gagangnya lebih pendek dan berbentuk lurus, tidak seperti rencong umumnya. Terkesan, rencong ini belum sempurna sehingga dikatakan pudoi.

Istilah pudoi dalam masyarakat Aceh adalah sesuatu yang dianggap masih memiliki kekurangan atau masih ada yang belum sempurna.

Rencong Meukuree
Perbedaan rencong meukuree dengan jenis rencong lain yaitu pada mata rencong tersebut.

Mata rencong jenis ini diberi hiasan tertentu seperti gambar ular, lipan, bunga, dan sebagainya.


Name

Budaya Galeri News Sastra Tahu Tahu Nggak Tips travel
false
ltr
item
Haba Seuramoe: Fakta Tentang Rencong yang Harus Kita Ketahui
Fakta Tentang Rencong yang Harus Kita Ketahui
Wah-wah ternyata rencong punya kekuatan gaib, apa bena ya?
https://1.bp.blogspot.com/-QULMS4Kd_HI/V4C8Z_ay2HI/AAAAAAAABvs/vUu2FuL31NM2LcdbF-QqFdjk_WUNekEQQCLcB/s640/images%2B%25284%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QULMS4Kd_HI/V4C8Z_ay2HI/AAAAAAAABvs/vUu2FuL31NM2LcdbF-QqFdjk_WUNekEQQCLcB/s72-c/images%2B%25284%2529.jpg
Haba Seuramoe
http://habaaseuramoe.blogspot.co.id/2016/07/fakta-tentang-rencong-yang-harus-kita.html
http://habaaseuramoe.blogspot.co.id/
http://habaaseuramoe.blogspot.com/
http://habaaseuramoe.blogspot.com/2016/07/fakta-tentang-rencong-yang-harus-kita.html
true
8632046939406554501
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy